Kamis, 07 Februari 2019

Apakah Aku Termasuk Freelancer Gagal?

Profesi sebagai freelancer itu ketika diceritakan kepada seseorang nampak terlihat begitu mudah untuk dilakukan. Dengan profesi itu, Anda dapat berbuat layaknya bos bagi diri sendiri, karena memiliki kebebasan untuk bekerja. Namun pekerjaan freelance ini bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan secara sembarangan atau semaunya saja. Jika salah kaprah, dapat berakibat pada reputasi jadi buruk, hingga membuat Anda tidak lagi dipercayai oleh klien. Bagi Anda yang ingin menjadi freelancer, bisa kunjungi link https://fastwork.id/start-selling ini ya!
Dalam perjalanan menjadi seorang freelancer, banyak kesalahan-kesalahan yang sering terjadi, dimulai dari hal kecil, hingga ditinggalkan oleh kliennya sendiri. Demi membantu para freelancer menghindari kesalahan itu, yuk kenali beberapa kesalahan umum yang sering dialami oleh para freelancer. Apa saja? 

Punya Tujuan untuk Mendapat Uang Semata

Menjadi freelancer memang berpotensi bisa mendapatkan uang dengan pekerjaan yang ringan, tanpa harus bekerja keras. Hal ini dapat memicu timbulnya hasrat untuk memonetasikan pekerjaannya ini tanpa memperhatikan kualitas konten yang ia buat. Iming-iming fee yang tidak sesuai dengan kualitas konten menjadikan klien akan memalingkan wajahnya. Dengan begitu, tujuan pun akan pupus, karena kepercayaan klien telah terhapus.

Hubungan yang Tidak Cakap dengan Klien

sebagian besar dari para freelancer biasanya memulai perkenalan diri panjang dalam summary mereka. Padahal, pengenalan diri yang terlalu panjang dan terkesan basa-basi itu justru tidak menimbulkan ketertarikan dari para klien. Akan tetapi, dengan membuat pengenalan yang dikemas secara singkat dan padat, yang disertai dengan desain menarik, akan membuat klien tertarik mengenal Anda lebih jauh.

Tidak berhenti disitu saja, kekeliruan saat berkomunikasi lainnya dengan klien ialah menyisipkan kata-kata yang tidak pantas di kala employer tak suka dengan kerja Anda. Seharusnya, membalas emailnya dengan kata sopan, seperti ucapan terima kasih karena telah membaca kerja Anda juga membuat mereka respect.

Overselling

Sikap terlalu menjual kelebihan sendiri kepada klien, seperti merasa selalu yakin akan mengerjakan tugas tepat waktu dalam waktu sesingkat-singkatnya akan membuat klien memandang Anda sebelah mata. Sebagai contoh, Anda merasa bahwa Anda sangat yakin mampu menyelesaikan proyek besar dalam waktu satu hari. Padahal, pekerjaan itu baru bisa dilselesaikan dalam waktu lima hari. Tingkat PeDe Anda itu justru dapat memunculkan pikiran negatif oleh klien, dimana Anda dicap hanya 'omong besar' saja. Apabila kebiasaan ini terus-menerus dilakukan, maka siap-siaplah klien akan pergi dari Anda.

Tidak Mengerti Keinginan Klien

Ketika berhasil perhatian dari para klien, hal utama yang perlu diperhatikan ialah adalah komunikasi yang interaktif. Sikap pura-pura mengerti atas keinginan klien, padahal Anda tidak mengerti tentang pekerjaannya, justru bisa melunturkan dan merusak reputasi, dimana Anda tidak akan dipercaya lagi oleh klien tersebut. Untuk itu, ketika mendapatkan tugas, disarankan untuk banyak bertanya jika memang belum mengerti. 

Tidak Mengerjakan Pekerjaan sesuai Deadline

Seorang freelancer profesional tentu akan selalu mencatat setiap pekerjaan yang menghampirinya. Hal ini guna menaati deadline yang telah disepakati dengan klien. Pekerjaan yang hasilnya melenceng dari waktu yang ditentukan, hanya akan membuat Anda ditinggal oleh para klien Anda. 

Mudah Menyerah

Pekerjaan sebagai freelancer bukanlah hal mudah, bahkan untuk dipercaya oleh klien saja perlu proses yang cukup panjang. Bahkan tidak sedikit freelancer yang mereka sudah bertahun-tahun menjadi freelancer tapi tidak pernah mendapatkan proyek. Jangan pesimis, untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus lebih rajin online, bahkan setiap hari guna memperbaiki summary dan membuatnya semenarik mungkin dan membuat bid yang tepat. Tetapkanlah terlebih dahulu bid yang rendah, namun tetap profesional dalam menyelesaikan proyek. Jika kepercayaan klien sudah didapat, maka silakan Anda menaikkan fee dari setiap pekerjaan yang Anda kerjakan. 

This Is The Newest Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar