Senin, 21 Januari 2019

Tips Merawat Peralatan Rumah Tangga yang Tepat

Mengoleksi peralatan rumah tangga dengan berbagai varian telah tumbuh menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan ibu-ibu di rumah. Betapa tidak, selain menambah jumlah perlengkapan dan perabotan dapur, hal itu turut membuat kegiatan rumah tangga menjadi semakin fleksibel. Itulah mengapa, banyak ibu rumah tangga menginginkan agar memiliki banyak perabotan yang lengkap nan beragam. Hanya saja, seringkali dihadapi permasalahan berupa bahan dasar perabotan rumah tangga yang mudah sekali berkarat. 
Karat tak sekedar mengganggu, namun hal ini pun turut menghilangkan nilai estetika dari perabotan rumah tangga yang dikumpulkan. Pada akhirnya, perabotan rumah tangga yang karatan seringkali diabaikan lalu jarang digunakan lagi. Hal ini disebabkan karena khawatir karat tersebut akan mempengaruhi hidangan makanan yang dimasak. Akan tetapi, pada dasarnya ada banyak tips dan trik guna untuk menghindarkan karat dari perabotan rumah tangga. Yuk mari kita simak informasi menariknya dibawah ini. 

Tidak Merendam Perabotan Lama-lama 

Jika Anda di rumah memiliki perabotan yang seringkali direndam setelah digunakan, hati-hati ya, Anda harus perhatikan kebiasaan tersebut. Sebab merendam perabotan rumah tangga berbahan logam yang telalu lama dibiarkan kotorannya menempel pada alat akan memicu munculnya karat pada perabotan Anda. Terlebih apabila peralatan yang Anda gunakan itu  sebelumnya digunakan untuk memasak bahan makanan yang mengandung banyak bumbu atau kotoran yang dapat berbekas. Seperti menggoreng bumbu hingga menyisakan sebagian bumbu menjadi gosong pada alat, dan lain sebagainya. 

Hal semacam ini dikhawatirkan akan memicu kemungkinan besar timbulnya karat pada perabotan Anda. Untuk itu, maka hendaknya diperhatikan dengan baik agar tidak merendam perabotan rumah tangga dalam air terlalu lama. Lebih-lebih, membiarkan kotoran menempel didalamnya. Sebaiknya, hendaklah mencucinya dengan segera kotoran yang menempel, dengan begitu peralatan Anda akan terawat dan awet. 

Mengeringkan Perabotan Sebelum Disimpan 

Tips lainnya yang kiranya perlu Anda perhatikan dengan baik ialah hendaknya memastikan peralatan Anda sudah kering sebelum meletakkannya ke dalam lemari maupun wadah lainnya. Untuk itu, setelah selesai dicuci sampai bersih lalu mengelapnya, sebaiknya tidak sekedar digantung lalu dibiarkan air cuciannya menetes dengan sendirinya. Jika Anda tak sempat mengelapnya, maka Anda bisa menjemurnya di bawah terik sinar matahari.

Bagaimana Jika Peralatan Anda Terlanjur Berkarat? Yuk Ikuti beberapa tips berikut ini.

Rendam dalam Cuka

Ternyata, cuka dapat digunakan sebagai langkah solutif untuk mengatasi karat pada perabotan rumah tangga Anda, baik menggunakan cuka putih maupun cuka sari apel. Cara yang diterapkan adalah rendamlah perabotan rumah tangga Anda yang berkarat ke dalam cuka selama 24 jam. Angkatlah alat lalu gosok karat tersebut menggunakan aluminium foil secara perlahan pada bagian alat yang berkarat.

Gunakan Jeruk Nipis

Sifat asam pada jeruk nipis dikenal mampu mengatasi dan mengikis karat pada logam perabotan rumah, caranya pun terbilang mudah. Caranya, taburkan garam pada karat lalu gosok secara perlahan. Setelah itu, hendaknya masukan dalam air yang telah ditetesi dengan perasan jeruk nipis kurang lebih 12 jam. Jika telah selesai, angkat lalu gosok bagian yang berkarat menggunakan aluminium foil atau pembungkus rokok.

Gunakan Baking Soda

Baking soda atau soda kue juga bisa digunakan guna mensiasati karat yang menempel pada peralatan atau perabotan rumah anda. Caranya, ambillah kurang lebih sebanyak 2 sendok baking soda (hendaknya disesuaikan ya dengan banyaknya karat yang menempel) lalu tambahkan sedikit air hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada bagian yang berkarat lalu didiamkan hingga mengering. Jika telah mengering, bersihkan alat menggunakan air bersih lalu gosok menggunakan sikat cuci atau sabut kelapa sampai karat benar-benar menghilang dari alat.

Kiranya ini dulu ya, pembahasan tentang cara menjaga peralatan rumah tangga dengan baik yang bisa kami bagikan. Share dan komen jika Anda ingin postingan tips lainnya ya :)

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar