Rabu, 16 Januari 2019

6 Tips Efektif Mengisi Daya Baterai dengan Charger Handphone yang Tepat

Tags

Menggunakan barang elektronik seperti handphone setiap hari sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Setiap kegiatan bisa dilakukan dengan memakai handphone, sehingga tidak heran jika baterai handphone akan cepat habis dan perlu diisi ulang. Nah, ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan ketika mengisi baterai dengan charger handphone agar bisa cepat terisi penuh. 

Apa saja tipsnya? Ini dia informasinya :

1. Memakai charger handphone original

Tentu Anda sudah mengerti bagaimana resiko mengisi ulang daya baterai handphone memakai charger HP lain. Walaupun kepala charger yang digunakan sama, tetapi jika memakai charger berbeda, maka amperenya juga berbeda. 

Bisa jadi charger yang asli membutuhkan 15 watt ketika mengisi tetapi Anda memakai charger lain yang hanya memiliki 10 watt saja. Tentu ini akan membuat baterai smartphone menjadi semakin lama terisi penuh dan membuat charger cepat rusak.

2. Menggunakan mode airplane

Jika Anda ingin baterai handphone terisi penuh dengan cepat, bisa mengaktifkan mode airplane. Karena mode ini bisa mempercepat pengisian baterai. Cara mengaktifkan mode ini sangat mudah. 

Pada android KitKat, Anda bisa mengaktifkan airplane mode dengan cara memencet tombol power dan di bawah power off ada airplane mode. Sedangkan pada android Lollipop, Anda bisa membuka notification bar dan memilih ikon airplane mode.

3. Menggunakan power saving mode

Ada beberapa smartphone yang dilengkapi dengan fitur power saving mode. Untuk smartphone dari Sony, Anda bisa menemukan fitur ini di bagian menu settings, lalu pilih power management. Anda juga bisa memakai aplikasi lain untuk mengaktifkan power saving mode ini misalnya clean master. 

4. Mematikan fitur yang tidak digunakan

Terkadang ada fitur yang tidak digunakan tetapi tetap aktif di dalam smartphone. Inilah yang biasanya menghabiskan baterai smartphone Anda. Jika Anda ingin mengisi ulang baterai, lebih baik cek terlebih dahulu smartphone dan matikan beberapa fitur yang tidak digunakan ketika sedang mengisi baterai, misalnya fitur wifi, paket data, bluetooth, dan fitur lainnya. Hal ini ternyata dapat mempercepat waktu ketika mengisi ulang baterai.

5. Tidak menggunakan smartphone selama proses charging

Jika tidak ada urusan penting lebih baik tidak usah memakai smartphone ketika mengisi ulang daya baterai. Karena jika Anda mengaktifkan layar smartphone, maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai. 

Layar yang aktif bisa membuat baterai cepat habis. Jadi lebih baik jangan menyentuh smartphone ketika mengisi ulang daya baterai sehingga baterai bisa cepat penuh.

6. Matikan smartphone

Jika Anda ingin segera baterai terisi penuh, namun tangan tetap ingin main smartphone, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah mematikan smartphone. Atau bisa juga bisa Anda alihkan dengan melakukan hal lain agar Anda tidak terganggu dengan notifikasi atau bunyi-bunyi dari smartphone.

Ada beberapa permasalahan yang biasa terjadi pada charger handphone, misalnya pengisian terlalu lama. Ini biasanya disebabkan karena nilai ampere pada charger terlalu kecil dan kapasitas baterainya yang besar. Faktor lainnya juga bisa disebabkan oleh kabel USB. Untuk menyelesaikan hal ini, Anda bisa mengganti kabel USB dengan yang lebih bagus.

Selain itu terkadang muncul masalah lain, seperti layar sentuh berjalan sendiri ketika diisi baterainya. Ini biasa terjadi karena ampere dari charger terlalu besar atau terlalu kecil. Akhirnya mengakibatkan layar HP menjadi berjalan sendiri. Anda bisa mengganti adapter untuk mengatasi hal tersebut.

Itu dia informasi elektronik mengenai tips mengisi baterai dengan charger handphone dengan tepat. Lakukan tips-tips di atas agar daya baterai segera penuh dan kualitas baterai maupun smartphone tetap terjaga.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar