Rabu, 19 September 2018

Tips Memperbaiki Aki Kering Motor Berkualitas yang Mati

Meskipun Anda telah membeli sebuah aki kering motor berkualitas, namun tetap saja terkadang aki motor itu juga bisa tekor. Karena proses pemakaian dan perawatan yang salah, tentu saja hal ini bisa membuat aki tersebut menjadi bermasalah dan menjadi tekor bahkan bisa sampai mati akinya. Padahal, sebeanrnya masih ada cara tersendiri untuk membuat aki tersebut bisa bertahan hidup dan terus diperbaiki. Karena saat ini telah ditemukan sebuah metode perbaikan yang bisa membuatnya semakin efisien dan bisa memberi pengalaman seputar bagaimanakah cara kerja aki kering yang benar. Seperti yang telah diketahui, bahwa beberapa hari ini beberapa produk otomotif utuk sepeda motor banyak yang menggunakan aki MF. Dimana aki jenis ini menjadikannya sebagai sumber untuk distribusi daya listrik DC.

Hal yang seperti ini sering sekali terjadi pada aki kering motor berkualitas. Dimana dengan seiringa berjalannya waktu, hal ini membaut perkembangan teknologi pengapian dan juga suplai bahan bakarnya menjadi beralih. Dimana yang dulunya adalah menggunakan aki yang berbentuk konvensional menjadi beralih ke dalam semi komputer ataupun berbentuk elektronik pada motor matic injeksi. Jenis aki motor kering memang mempunyai kelebihan berupa 100% bebas dari perawatan. Ini berbeda sekali dengan tipe aki basah. Dimana jika Anda menggunakan aki basah itu Anda harus selalu teratur dalam melakukan pengecekan terhadap kondisi air akinya secara berkala. Selain itu, Anda juga harus lebih rutin mengganti airnya secara berkala. Sehingga, kebersihannya juga tetap terjaga. Anda juga harus menjaga saluran pembuangannya dan harus dibersihkan agar tidak korosi.

Karena, tumpahan dari air aki kering motor berkualitas itu sifatnya adalah asam. Aki NS punya performa yang bagus. Karena material intinya memakai separato khusus dan memiliki grid yang cukup tahan dari korosi. Dengan memiliki harga jual yang terbilang jauh lebih mahal dari pada aki basah, tentu saja akan jauh lebih bai bila Anda mulai belajar memperbaiki aki kering sendiri di rumah. Sehingga, Anda bisa membuat aki kering Anda menjadi lebih tahan lama. Di bawah ini adalah beberapa tahapan dan persiapan yang wajib dilakukan saat ingin melakukan service terhadap aki yang sedang tekor dan mati total, antara lain: Pertama, siapkan dulu bahan-bahan dan perkakasnya terlebih dahulu. Memperbaiki aki yang kering karena bermasalah itu tidak sulit. Karena alat yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan dan juga murah.

Yaitu, cairan aki. Air aki yang satu ini umumnya digunakan untuk mengisi aki yang baru. Karena jenis dan kompisisi air zuur ini beda sekali dengan air biasa yang umumnya dipakai untuk penambahan aki pada umumnya. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan mata obeng berbentuk – atau menggunakan alat yang sejenisnya yang biasa digunakan untuk membuka tutup aki yang kering. Dimana bagian ini umumnya dilekatkan menggunakan lem atau seal. Setelah itu, jangan lupa untuk menyiapkan suntikan yang umumnya sering digunakan untuk memasukkan tinta alat printer. Kemudian, bawa juga sealent atau lem plastik. Anda juga bisa menggantinya dengna lem tembak untuk merekatkan penutup aki sesudah diperbaiki. Yang terakhir adalah, siapkan kain kering untuk membersihkan body aki kering motor berkualitas dari semua kotoran.

Kedua, untuk memperbaikinya maka bongkar dulu aki keringnya tersebut hingga proses isi daya listrik. Bersihkan semua body aki dan buka penutup atasnya dengan hati-hati agar tidak pecah. Setelah itu, buka juga penutup karetnya dan masukkan air aki zuur ke dalam tabung menggunakan sunitkan sebanyak 1cm tepat di bawah dari lubang aki. Setelah itu, tutup lagi lubangnya menggunakan karet penutup bawaannya. Pastikan agar tidak bocor atau merembas. Selanjutnya, tutup lagi body aki dan rekatkan memakai lem hingga aman dan tidak lepas pada aki kering motor berkualitas milik Anda tersebut.

Setelah semuanya diperbaiki, maka Anda tinggal mengisi daya aki kering motor berkualitas milik Anda tersebut dengan cara dicharge seperti mengisi daya baterai HP milik Anda. cukup pasang langsung ke motor lewat mesin trafo charger. Anda juga bisa mengisinya secara direct agar tegangannya lebih optimal pengisiannya. Setelah pengisian awal, maka nyalakan mesin dalam posisi stationer selama 30 menit sampai dengan 1 jam. Karena dalam waktu tersebut, kondisi akinya masih benar-benar kosong. Sehingga, dibutuhkan waktu yang cukup lebih lama agar dapat mencapai kapasitas daya yang diinginkan dan cukup untuk motor Anda. sebaiknya, jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan terhadap tegangannya memakai avo meter agar Anda dapat memastikan apakah voltasenya tersebut bisa mencapai tegangan yang normal. Yaitu sebesar 11,5 volt DC sampai dengan 12 volt ataupun sebesar 13 volt DC. Sehingga, motor bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar