Sabtu, 20 Januari 2018

Cari Tahu Rincian Biaya Renovasi Rumah 2018

Tags


Rumah minimalis sampai hari ini masih menjadi primadona dari sekian banyak desain rumah yang ada. Rumah minimalis yang lekat dengan kesan simple dan elegan ini memang banyak dipilih karena nilai praktis dan ekonomisnya. Jadi sekalipun rumah tersebut sudah mulai rusak, maka pemilik rumah pun akan berupaya untuk melakukan renovasi rumah minimalis 2 lantai.

Ya, ketika ada bagian-bagian rumah yang mulai rapuh atau rusak maupun Anda menginginkan suasana rumah yang lebih fresh, langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah merenovasinya. Kenapa tidak membeli yang baru atau membangun rumah lagi? Jawabannya tentu saja karena hal tersebut akan menghabiskan banyak dana dan lebih dari itu lahan kosong yang layak dibangun rumah sudah sangat sulit didapatkan.

Renovasi dipilih karena lebih menghemat pengeluaran. Lagi pula renovasi ini dapat disesuaikan dengan kondisi rumah itu sendiri. Apakah memerlukan renovasi dalam skala besar atau cukup dengan renovasi skala kecil saja.

Terlepas dari renovasi skala besar atau kecil tetap dibutuhkan rincian biaya yang jelas. Ini untuk menghindari bengkaknya pengeluaran di luar rencana renovasi. Lalu bagaimana estimasi biaya renovasi rumah 2018 ini? Berikut adalah ulasannya.

Rincian biaya material

Merenovasi rumah tidak bisa dilakukan serta merta tanpa perencanaan yang jelas dan matang. Banyak hal yang perlu diperhitungkan, termasuk berapa besar dana yang dibutuhkan untuk membeli bahan material.

Perlu diketahui pula jika biaya material ini menjadi salah satu pengeluaran termahal yang harus dikeluarkan ketika Anda merenovasi rumah. Berikut adalah contoh gambaran rincian biaya renovasi rumah yang dapat dijadikan panduan dalam membuat rincian biaya material yang dibutuhkan saat ingin menambahkan teras pada rumah minimalis 2 lantai Anda.
  • Pasir 2 pick up dengan harga satuan Rp. 190.000,- jadi 2 x Rp. 190.000,- = Rp. 380.000,-
  • 8 sak semen, dengan harga satuan Rp. 65.000,-, jadi 8 x Rp. 65.000,- = Rp. 520.000,-
  • Batu kali 1 pick up dengan harga Rp. 170.000,-
  • Gamping 2 sak dengan harga satuan Rp. 180.000,-, jadi 2 x Rp. 180.000,- = Rp. 360.000,-
  • Keramik lantai 6 dus dengan harga tiap dusnya adalah Rp. 55.000,-, jadi 6 x Rp. 55.000 = Rp. 330.000,-


Biaya Tukang

Dikarenakan tidak dapat melakukan renovasi rumah sendirian, maka Anda membutuhkan jasa tukang bangunan. Jumlah tukang bangunan yang dibutuhkan ini sifatnya relatif. Tergantung besarnya skala renovasi yang dilakukan. Namun umumnya membutuhkan 3-4 tukang bangunan untuk menyelesaikan proyek renovasi rumah.

Biaya tukang ini umumnya dihitung harian. Rentang harganya adalah Rp. 100.000,- sampai Rp. 150.000,-. Jadi tinggal dikalikan saja dengan jumlah tukang bangunan yang ada.

Anggarkan Dana Tak Terduga

Merenovasi rumah bukan sesuatu yang sederhana dan membutuhkan sedikit biaya. Banyak biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan renovasi yang diinginkan. Itulah mengapa di awal perencanaan renovasi rumah Anda diharuskan membuat rincian biaya renovasi rumah minimalis 2 lantai. Tujuannya adalah supaya Anda tahu betul perkiraan biaya yang harus disiapkan.

Meski sudah direncanakan, bisa saja dalam prosesnya ada yang ingin ditambahkan pada eksterior maupun interior rumah. Jadi untuk mengantisipasinya, sebaiknya menambahkan setidaknya 20% sebagai anggaran biaya tak terduga.

Demikianlah taksiran rincian biaya renovasi rumah 2018 yang perlu Anda ketahui. Rincian-rincian di atas hanya gambaran saja. Selebihnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Lebih dari itu anggaran dana juga harus disesuaikan dengan luas area bangunan yang ingin direnovasi. Jadi agar rincian biaya renovasi rumah bisa tepat sasaran, berkonsultasilah dengan tukang bangunan atau arsitek yang lebih paham dengan hal ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar