Selasa, 09 Mei 2017

Sedekah pangkal kaya

Tags

Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika membaca judul yang saya usung ini? Hmmm.. jika Anda termasuk orang yang suka memberi mungkin bagi Anda sedekah merupakan hal yang baik nan mulia dihadapan sesama manusia, terlebih didepan Tuhan. Namun bagi sebagian orang yang bisa dikatakan pelit terhadap hartanya, kira-kira bagaimana ya? Anda jawab sendiri deh ya, hehe.

Bagi Anda yang masih dengan kata sedekah, mungkin akan berpikiran bahwa bagaimana bisa menghasilkan atau membuat seseorang menjadi kaya sedangkan dia mengeluarkan sejumlah uang maupun jasa. Pandangan seseorang ini tentu bukanlah salah, namun juga perlu ditinjau ulang. Mengapa perlu ditinjau ulang, karena kebiasaan sedekah baik dengan uang maupun jasa, ternyata dapat memberikan bermacam manfaat lho.

Sekali lagi, hendaknya Anda tidak menganggap bahwa kita bersedekah akan membuat kita miskin ya. Mari upayakan diri Anda untuk menghilangkan mindset tersebut. 
Sekedah kepada siapapun yang membutuhkan (ilustrasi)
Nah, sebenarnya apa sih manfaat bersedekah itu?

Mari kita identifikasi terlebih dahulu orang yang suka memberi dengan orang yang pelit dengan uangnya. Ingat, ini hanya sebuah analogi empirik ya, bukan untuk menyudutkan siapapun.

Jika kita berkaca kepada orang yang pelit terhadap hartanya yang biasa kita saksikan di acara-acara televisi, menurut Anda bagaimanakah sikap orang tersebut ketika ada orang meminta bantuan kepadanya? Pelit, sudah tentu. Memaki, kadang-kadang. Takut uangnya berkurang, pastinya. Oleh karena sikap tersebut, seseorang pun membuat matanya melotot yang menandakan sikap tidak mau membantu.

Dari analogi di atas, apakah Anda menemukan sikap terpuji di dalam seseorang yang pelit? Tidak ada bukan.

Namun ketika seseorang yang ringan dalam mengulurkan tangannya kepada orang lain, seperti bersedekah walaupun dia sedang dalam keadaan ekonomi yang menjepit, dia tetap mau bersedekah. Saat kita melihat seseorang yang bersedekah, adakah kita melihat kesedihan di senyumnya? Tentu saja tidak ada jika dia benar-benar ikhlas memberikannya. Tahukah anda, memang pada satu sisi, seseorang yang bersedekah itu akan berkurang uangnya namun ternyata di sisi lain, justru semakin terbuka pintu rejekinya, dan tidak kita ketahui akan dari manakah dia berasal. 

Sehingga hendaknya kita ringan mengulurkan tangan kita semampu kita, karena setiap kebaikan akan berniai indah dihadapan Tuhan.

<<<<< Terima kasih >>>>>

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar