Rabu, 17 Mei 2017

Investasi Ilmu Itu, Penting!

Hidup ini tidak akan pernah terlepas dari yang namanya uang, bukan begitu? Pada zaman ini, apa-apa perlu uang. Pengen dapat barang ini, harus ada uang. Pengen dapat jasa dari seseorang, perlu uang pula. Mengingat kejadian yang seperti ini sudah lumrah terjadi, maka kita harus mempersiapkan pundi-pundi uang agar tetap bisa eksisi menjalani kehidupan ini.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkannya, salah satu caranya adalah dengan investasi. Investasi merupakan suatu usaha untuk mempersiapkan hari kemudian agar tetap terjamin kehidupan seseorang. Investasi dapat dilakukan dengan cara investasi rumah, kos, dan lain semacamnya. Investasi yang baik hendaknya dimulai dari sejak dini, walaupun hanya bermodalkan kecil.

Mengapa harus dimulai sejak dini? Karena investasi itu sifatnya berkembang, sehingga dalam proses perkembangannya, diperlukan waktu yang panjang agar dapat menghasilkan sesuatu yang diimpikan. Namun satu hal yang perlu kita catat, bahwa investasi tidak hanya sesuatu yang berbentuk saja, seperti investasi rumah dan semacamnya, namun investasi juga dapat ditempuh dengan hal yang abstrak, seperti investasi ilmu.
sumber foto: bpa.pekanbaru.go.id
Ilmu memiliki peran vital dalam kehidupan ini, ilmu jenis apapun itu. Namun, sebaiknya ilmu yang diinvestasikan adalah ilmu yang bermanfaat bagi khalayak masyarakat, bukan ilmu guna-guna. Sama seperti investasi rumah, investasi ilmu juga harus dimulai dari sejak usia dini. Hal ini dilakukan mengingat bahwa manusia itu perlu proses untuk menjadi seseorang yang berlabel pro. 

Begitu pula dengan keilmuan seseorang, dalam menjadi seorang yang berilmu itu juga diperlukan waktu yang lama, sehingga investasi ilmu perlu dilakukan sejak dini. Ilmu tidak mungkin langsung dapat diterima dan dihapal oleh seseorang hanya dalam beberapa saat ini. Melainkan ilmu itu perlu dihargai, yakni dengan terus-menerus menggalinya agar ilmu itu dapat melekat dalam pikiran dan diri seseorang. 

Dengan demikian, mari kita lakukan investasi keilmuan sejak kini, karena orang yang berilmu itu akan disanjung baik di dunia maupun di akhirat kelak. Tidak ada kata terlambat bagi kita yang ingin berubah menuju yang lebih baik.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar